Kamis, 15 Desember 2016

PENYAKIT MAAG

Posted by Gejala Maag
Pernahkan anda merasakan masih sangat lapar setelah makan siang yang sudah berlalu beberapa menit bahkan berjam-jam. Atau merasakan perut penuh padahal hanya minum satu atau dua teguk air setelah menghabiskan waktu berlama-lama di depan meja kerja. Dan merasakan kembung pada waktu-waktu tertentu, misalnya saat hendak pergi tidur atau mual saat sedang menggosok gigi pada pagi hari. Hal ini bisa terjadi karena disebabkan gejala sakit maag.

Gastritis atau maag merupakan untuk penyakit yang menyerang lambung ini. Gastritis atau maag dapat disebabkan akibat terjadinya luka atau peradangan yang diakibatkan oleh banyak faktor. Kesibukan yang memperlukan kerja otak dan waktu yang relatif cepat sering dianggap sebagai faktor utama timbulnya maag.
Maag dapat terjadi karena disebabkan terlambatnya makan atau pola makan yang tidak teratur. Adanya mikroorganisme yang merugikan seperti helicobacter pylory dapat menyebabkan peradangan lambung berlanjut sampai terjadi tukak, bahkan kanker lambung. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu, mengkonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur, serta stres juga bisa menjadi penyebab timbulnya maag.
Setiap penyakit yang ada dalam tubuh kita, sebelum kemunculannya, pasti dapat dilihat indikasi atau gejala awal yang bisa diwaspadai, Sama halnya dengan gejala maag yang dapat anda deteksi sendiri sebelum melalui tahapan yang lebih serius dengan pemeriksaan medis.

Berikut gejala-gejala penyakit maag, antara lan :
1. Perut kembung, akibat asam lambung yang meningkat dan kurangnya enzim pada alat pencernaan.
2. Mual dan muntah terjadi akibat impuls dari otak bawah yang berkaitan dengan saraf rasa sakit dan iritasi dari traktus gastrointestinal.
3. Sering merasakan lapar, karena akibat terlambat makan penderita maag sering kali makan dengan porsi yang terlalu banyak agar bisa menampung kekosongan lambung. Namun, hal ini menyebabkan mereka jadi masih merasa lapar karena otak terprogram bahwa makanan yang masuk belum mencukupi asupan makanan ideal sehari.
4. Saat buang air besar merasakan sakit karena pola hidup yang tidak teratur dan sehat yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan termasuk pada saluran pembuangan akhir seperti rektum dan anus.
Penyakit maag pada mulanya berupa peradangan di dinding lambung, bila dibiarkan dapat menyebabkan tukak lambung, lalu yang lebih fatal lagi kanker lambung. Lambung sebagai salah satu oragn penting pada proses pencernaan dapat pula dihinggapi oleh bakteri H.Pylori yang hidup di bawah selaput lendir ini berguna melindungi dinding lambung dari kerusakan akibat asam yang diproduksinya.
Dengan melakukan pola hidup sehat dan bersih, seperti menjaga kehigienisan makanan dan minuman dapat menghindarkan kita dari infitrasi atau serangan bakteri ini.
Posted by Gejala Maag
Maag akut – maag akut adalah penyakit yang sudah lama menempel di bagian lambung dan sudah parah juga yang tidak boleh di biarkan begitu saja. penyembuhan maag dapat di lakukan dengan berbagai jenis cara. ada yang menggunakan bahan alami dan ada juga yang masih minum resep dari dokter. Sebenarnya semua cara sama, yang penting di lakukan dengan baik. jika ingin mengetahui, bahan alami yang dapat di pergunakan adalah menggunakan biji pala. Sebagian orang ada yang sudah mengetahui biji pala dan juga yang belum. Bagi yang tidak mengetahuinya, bisa kalian cari di internet dan bertanya pada ibu Anda.

Gejala Maag Akut
Secara singkat, biji pala memiliki warna yang coklat dan bulat dengan sedikit lonjong. Tumbuk degan halus dan seduh dengan air hangat. aduk dan minum. lakukan cara ini dengan tiap hari atau selama penyakit ini sedang menyerang. Penyebab maag itu seperti minuman beralkohol, kopi, stress, gemuk, gula darah tinggi, makan berminyak dan berlemak serta berkolesterol, telat makan & terlentang setelah makan. gejala maag yang di alami akan di jelaskan nanti. Pencegahan yang dapat di lakukan adalah dengan mengatur pola makan dengan baik. maag ini termasuk jenis penyakit yang memiliki resiko tinggi.
Gejala maag akut
Ada beberapa hal yang harus kalian ketahui, mengenai gejala, tanda tanda dan ciri ciri. Berikut gejala maag akut dan kronis adalah :
§  Mual
Rasa mual yang di alami pada siapa pun, pasti ada masalah yang menimpa pada tubuh.dan biasanya penyakit ini, jika ingin makan dan minum tidak bisa menerimanya yang nantinya akan di muntahkan kembali. banyak penyakit yang memberikan tanda awalnya seperti ini. seperti penyakit tifus dan penyakit maag akut ini. jangan pernah menganggap penyakit ini sebagai penyakit yang kecil, walaupun memang tidak sulit untuk di lakukan penyembuhan, tapi lebih baik, buanglah sikap seperti itu, yang bisa mengakibatkan masalah yang di alaminya tambah parah. minumlah air hangat, karena itu salah satu cara yang bisa di lakukan untuk menyembuhkan maag. Masih banyak gejala lainnya yang bisa terjadi, bila menyinggung masalah penyakit maag.
§  Nyeri perut
Dapat di artikan di banyak jika perut mengalami rasa  nyeri ini. jika ingin datang bulan, telat makan dan maag akut itulah jenis yang bisa terjadi masalah perut. Menyinggung masalah maag ini, kalian bisa mengobati penyakit ini sampai kelar. Penyakit ini sangat berbahaya dan mengandung resiko yang tinggi. jadi perlu berhati hati lagi akan hal ini dan bila ke nyeriannya tak kunjung sembuh, lakukan pengkonsultasian pada dokter terlebih dahulu, agar tidak di lanjuti dengan segera. Nyeri perut ini bisa di sembuhkan dengan menggunakan bahan alami atau tidaknya, tergantung dari kalian ingin memaki cara yang mana.
§  Sakit sampai ke ulu hati
Merasakan hal sampai ke ulu hati ini dapat terjadi bila kita mengalami maag akut. penyakit ini merupakan penyakit yang memiliki resiko tinggi dan harus di obati dengan baik. jangan pernah membiarkan penyakit ini terlalu lama, karena bisa berefek buruk bagi kesehatan. semua orang bisa mengalaminya, baik anak anak maupun orang dewasa. masih banyak gejala yang terjadi pada penderita maag akut ini dan akan kami jelaskan pada penjabaran yang tertera berikutnya.
§  Muntah
Siapa pun pernah muntah, di mana di dalam isi perutnya yang terdapat banyak jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi akan di keluarkan kembali dan di muntahkan. Gejala maag akut ini juga bisa mengalaminya, yang bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas. Masalah seperti ini memang tak obatnya dan lebih baik meminum air putih hangat atau beristirahat dengan cukup. bagi yang memiliki riwayat penyakit maag, otomatis akan mengalami kondisi yang telah di jelaskan di atas. apabila kemuntahan yang terjadi secara terus menerus dan tak kunjung sembuh dapat mengkonsultasikan pada dokter yang nantinya di tangani dengan cara yang tepat.
§  Air liur lebih banyak di produksi
Jika air liur yang di keluarkan banyak, maka itu pertanda bahwa sedang mengalami sesuatu hal yang buruk. Contohnya seperti gejala maag akut ini yang bisa terjadi kondisi serupa dengan yang di atas. apabila terjadinya seperti ini lakukan tindakan yang tepat agar tidak menghasilkan air liur lebih banyak. caranya yaitu kunyah permen karet yang cara ini juga merupakan sebagian dari cara mengatasi maag dengan mudah.
§  Bau mulut
Penyebab bau mulut sangat beraneka ragam, ada yang di akibatkan oleh makanan seperti petai, jengkol, daging merah dan durian. Dan alkohol, kopi, merokok, berpuasa dan jarang menyikat gigi, penyakit amandel, serta tidak terkena nasi merupakan pemicunya juga. Menimbulkan rasa tidak pede saat berbicara itu pasti. Makannya solusi yang paling tepat adalah dengan menggunakan daun mint yang dikunyah langsung tapi sebelumnya di bersihkan. Bau mulut juga termasuk bagian dari gejala maag akut.
§  Sendawa
Gejala maag akut adalah mengeluarkan sendawa atau berdahak dengan sering. Hal ini di alami oleh siapa saja, dari usia muda hingga tua. Tapi sering kali bersendawa sering di artikan sebagai ciri ciri penyakit masuk angin yang ingin menyerang tubuh. dan ternyata penyakit maag juga bisa mengalaminya.(By : DA)

Maag Akut
Posted by Gejala Maag
Gejala Maag Pada Orang Dewasa – Penyakit lambung yang sering dialami salah satunya maag, pasti tidak asing lagi mendengar kata maag karena cukup sering orang yang menderita maag. Maag merupakan kondisi lambung yang kurang sehat. Karena kurang sehatnya lambung karena ada kerusakan di dalam lambung. Jika menderita maag maka bagian dinding lambung mengalami peradangan, dan peradangan lambung tersebut bisa menyebabkan adanya luka sehingga perut bisa sering terasa sakit jika maag sedang kambuh. penyakit maag bisa dialami oleh siapa pun, terlebih pada seseorang yang menjalani pola makan yang kurang baik. pola makan yang kurang teratur dan juga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak terlalu sehat bisa memicu terjadinya penyakit maag. Dinding rahim mengikis karena asam lambung yang terlalu banyak, asam lambung jika terlalu banyak tidak baik karena akan memicu peradangan yang akan membuat penderitanya memiliki luka di dalam lambung sehingga kondisi tersebut membuat rasa tidak nyaman, dan juga bisa membuat lambung tidak dapat berfungsi dengan baik.
Penyakit maag disebabkan oleh peradangan di dinding lambung, banyak orang keliru jika penyakit maag sama dengan penyakit asam lambung. Berbeda dengan penyakit asam lambung karena jika penyakit asam lambung melemahnya otot lambung sehingga asam lambung bisa naik sebab ada bagian lambung yang tidak tertutup. Tetapi penyakit asam lambung pun bisa memicu terjadinya penyakit maag, karena jumlah asam lambung yang meningkat di kala penyakit tersebut sedang kambuh. orang dewasa lebih cenderung lebih mudah menderita penyakit maag karena gaya hidup yang di jalani bisa menyebabkan peradangan pada lambung, baik dari makanan atau pun dari kebisaan buruk yang di lakukan.

gejala maag
Penyakit maag atau peradangan pada lambung bisa disebabkan oleh infeksi pada lambung, lambung bisa terinfeksi oleh bakteri. Bakteri yang masuk ke dalam lambung bisa menimbulkan luka, dan luka tersebut yang nantinya akan meradang pada dinding rahim sehingga menyebabkan penyakit maag. Infeksi bakteri bisa karena daya tahan tubuh yang lemah sehingga tidak dapat mencegah bakteri yang masuk ke dalam tubuh untuk membuat luka pada lambung. Pemicu dari masuknya bakteri ke dalam lambung bisa juga dari makanan dan juga minuman yang di konsumsi. Namun, keadaan seperti itu sangatlah wajar jika makanan yang di konsumsi kebersihannya kurang di jaga dengan baik.
Gejala Maag Pada Orang Dewasa
Penyebab orang dewasa bisa menderita penyakit maag pun bisa dikarenakan konsumsi obat obatan. Karena kerusakan pada lambung pun bisa dikarenakan kesehatan lambung yang bermasalah akibat menggunakan obat kimia. menggunakan obat jangka lama bisa menyebabkan penyakit maag. Banyak orang dewasa yang sakit sedikit saja langsung menggunakan obat kimia padahal bisa disembuhkan tanpa obat jika beristirahat yang cukup. Obat yang bisa menyebabkan penyakit maag yaitu jenis obat yang di gunakan untuk menghilangkan rasa sakit atau pun demam. Ada gejala maag pada orang dewasa yang mengganggu jika sedang kambuh. di bawah ini beberapa gejala maag pada orang dewasa :
Gejala Maag
§  Mual dan muntah, gejala maag pada orang dewasa yang biasanya terjadi pertama kali yaitu akan menyebabkan mual dan muntah. Mual dan muntah sebab asam lambung bisa ikut naik juga pada saat maag sedang kambuh, sehingga keadaan mulut juga akan pahit pada gejala maag.
§  Perut kembung, pada saat sakit maag maka bisa ada banyak udara yang terjebak masuk di dalam perut, dan karena itu perut akan kembung. Gejala maag pada orang dewasa yang menyebabkan perut kembung akan sering dialami ketika maag sedang kambuh dan tidak akan membuat nyaman. Terkadang gejala maag pada orang dewasa juga disertai sendawa juga.
§  Nyeri perut, keadaan lambung yang memiliki luka ketika menderita maag akan menyebabkan gejala maag pada orang dewasa berupa sakit perut atau perut akan terasa nyeri. Biasanya jika sudah parah sakitnya bisa tidak tertahankan dan dirasakan juga dibagian ulu hati sehingga kondisi ini bisa sangat menyiksa apabila sedang kambuh.
§  Diare, gangguan pada pencernaan bisa terjadi juga jika maag sedang kambuh, maka dari itu salah satu gejala maag pada orang dewasa juga akan ada diare. Jika luka lambung sudah semakin parah maka feses yang dikeluarkan bisa berwarna hitam.
§  Hilang nafsu makan, karena gejala maag pada orang dewasa juga bisa menyebabkan mual dan muntah dan mulut terasa pahit sehingga nafsu makan pun juga akan menghilang ketika maag sedang kambuh.
§  Sesak nafas, gejala maag pada orang dewasa yang sudah sangat parah atau kondisi dimana lambung memiliki luka yang sangat parah akan menyebabkan sesak nafas. Maka dari itu hati hati juga karena gangguan pernafasan ini berbahaya.
Apabila sudah merasakan gejala maag diawal sebaiknya segera diatasi dengan menggunakan obat maag atau pun dengan minum air hangat agar tidak semakin berlanjut parah. mengobati maag dengan cepat dengan mengontrol asupan makanan yang memicu maag kambuh, makan tepat pada waktunya, dan juga hindari minuman seperti alkohol, soda, dan konsumsi kafein tidak berlebihan.

Gejala Maag Pada Orang Dewasa
Posted by Gejala Maag
Penyakit Maag – Biasanya penderita akan mengalami nyeri pada bagian perut kirinya, namun nyeri bisa saja berlangsung pada saat anda setelah makan, faktor yang terjadi pada penyakit maag ini karena anda terlalu menunda untuk makan. Sedangkan yang merasakan nyeri pada tukak doudenum atau radang usus halus, yang biasanya rasanya nyeri dapat terjadi dalam waktu 2  sampai 3 jam setelah anda makan. Kondisi yang seperti pada penyakit maag maka dia akan lebih sering terbangun di malam harinya karena gejala maag mereka kambuh.
Penyakit MaagNyeri seperti rasa ngilu dan perih rasa yang terbakar pada bagian perut selama beberapa menit atau bahkan dalam hitungan jam yang merupakan gejala maag pada umumnya, dari gejala ini anda juga akan merasakan pada bagian leher hingga daerah pusar atau bahkan pada bagian punggung, nyeri penyakit maag ini yang berasal dari adanya luka atau radang pada bagian dinding yang ada didalam lambung karena banyaknya paparan zat asam. Sering kali adanya rasa nyeri dari gejala maag ini  biasanya tidak akan terasa pada kondisi tersebut yang sedang mengalami kambuh. Terkadang pada penyakit maag ini tidak juga menimbulkan rasa nyeri sama sekali pada bagian perutnya. Hal ini yang terjadi bahwa penderita dengan mengalami komplikasi misalnya pendarahan makanya penderita biasanya tidak akan merasakan rasa nyeri tersebut.

Yang pada umumnya gejala maag yang lebih umum, biasanya penderita akan mengalami hilangnya nafsu makan, perut mereka akan mengalami rasa yang panas, gangguan pada pencernaan anda, dan juga penderita akan mengalami mual dan muntah.
Jenis penyakit yang dapat kita lihat dari berdasarkan tingkatan keparahannya, dibedakan menjadi :
§  Maag ringan : maag ringan yang masih tergolong pada tahap yang ringan yang dimana biasanya pada tiap penderita biasanya sudah berada pada tahap ini, jika ini anda lakukan dalam pemeriksaan akan terlihat pada asam lambung berlebih pada bagian dinding.
§  Maag sedang : maag pada tahap ini yang menyebabkan adanya rasanya sakit, nyeri dan mual yang sangat menyiksanya.
§  Maag kronis : maag kronis yang terjadi karena maag sudah berada di posisi yang parah intensitasnya yang dapat dibanding dengan gejala maag biasa.
§  Kanker lambung : kanker lambung yang dapat diakibatkan oleh mikroorganisme yang dapat merugikan yaitu helycobater pylori.
Gejala Maag
§  Perut kembung
Pada penderita penyakit maag biasanya akan mengalami perut kembung juga akan berdampak pada peningkatan asam lambung dan gas yang berada tepat didalam usus atau lambung, terjadinya karena adanya perlambatan pada pergerakan lambung dan juga usus. Orang yang sedang mengalami penyakit maag biasanya tidak boleh makan yang dapat membuat perut semakin kembung.
§  Perut terasa penuh
Gejala maag selanjutnya biasanya penderita akan merasakan keluhan pada bagian perut yang terasa penuh, terjadinya karena lambat pada pergerakan lambung dan usus sehingga pada makanan akan lebih cenderung tertahan didalam saluran pencernaan. Maka dari itu orang sedang menderita penyakit maag biasanya pada pola makan mereka sedikit sedikit.
§  Hilangnya nafsu makan
Jika pada perut kembung dan perut merasa penuh, yang disertai dengan rasa mual maka yang dapat dipastikan dari gejala maag selanjutnya bisanya penderita akan mengalami hilangnya nafsu makan mereka. walaupun anda sudah isi dengan makanan karena tidak konsentrasi pada asam lambung yang akan semakin meningkat dan mencerna pada jaringan lambung.
§  Sesak nafas
Banyak hal yang tidak menyangka bahwa sesak nafas juga merupakan adanya gejala maag. Sesak nafas yang mengalaminya penderita akan merasa tidak nyaman pada bagian ulu hati mereka seperti ada yang tertahan dari bawah maka akan mengalami kesulitannya pada saat menarik nafas.  Hal yang terjadi karena saat anda menarik nafas paru paru akan mengembang dan diafragma akan menekan pada lambung yang ada berada dibawahnya yang sedang meradang.
§  BAB berwarna hitam
Jika hal ini terjadi pada kasus yang sudah mengalami keparahan, ketika tidak semua darah dapat dimuntahkan, atau bisa dikeluarkan dalam feses, yang akan nampak pada saat anda buang air besar berdarah dengan warna hitam, hal ini yang terjadi pada gejala maag ini karena bercampurnya asam lambung maka akan berubah berwarna hitam.
§  Muntah darah
Gejala maag selanjutnya juga dapat terjadi pada kasus maag yang sudah parah atau sampai pada adanya bentuk luka atau tukak lambung yang sehingga akan mengalami pendarahan, darah yang akan keluar bersamaan dengan muntah, namun pada penyakit maag ini darah akan berwarna hitam atau berwarna merah. Maka pada kasus ini anda harus melakukan tindakan medis.
§  Sakit ulu hati
Gejala maag yang paling terjadi bagi penderita penyakit maag biasanya akan merasakan sakit perut kiri atau pada bagian tengah perut, ini yang disebut dengan ulu hati. Rasa sakit yang anda rasakan seperti adanya sensasi rasa panas dan perih pada bagian perut yang akan menjadi lebih buruk atau lebih baik setelah anda isi perut dengan makanan.
§  Bersendawa
Pada penyakit maag ada sakit maag, ada banyak asam lambung yang diproduksi, cairan asam ini menghasilkan banyak gas sehingga seseorang akan sering mengalami sendawa walaupun tidak habis makan atau minum. Itulah kenapa bersendawa merupakan salah satu dari sekian banyak ciri-ciri sakit maag yang perlu kita amati.

Penyakit Maag
Posted by Gejala Maag
Sakit Maag – Sakit maag merupakan sakit pada lambung, karena ada nya gangguan kesehatan pada lambung. Kesehatan pada lambung bisa terganggu akibat ada nya luka di dalam lambung, maka dari itu sakit maag. Luka di lambung berada di posisi dinding lambung yang fungsi nya juga untuk mengeluarkan enzim dan juga asam lambung. Bagian dinding lambung bisa memiliki luka karena ada nya pelindung lambung yang menipis akibat terkikis oleh zat dari asam lambung. Atau selain dari asam lambung, luka pada lambung pun juga bisa di sebabkan oleh ada nya bakteri yang masuk dan menginfeksi lambung. Sakit maag juga tidak jarang di temui, karena dari kalangan berbagai macam usia bisa mengalami sakit maag. Sakit maag bisa dialami jika memiliki pola waktu makan yang tidak teratur, atau jika pola makan baik namun asupan makanan yang di konsumsi kurang sehat juga bisa menyebabkan bagian lambung terluka. Makanan yang meningkatkan asam lambung dan bisa menyebabkan sakit maag bisa dari jenis makanan asam, pedas, kafein dan lain nya. Makanan tersebut akan berbahaya jika terlalu lama masuk ke dalam lambung.
gejala maag
Tidak hanya makanan pedas, asam, atau pun memiliki kafein di dalam nya, memiliki kandungan soda atau pun memiliki kandungan alkohol di dalam nya pun juga bisa menyebabkan penyakit lambung seperti sakit maag. Sakit maag juga bisa dipengaruhi oleh jenis obat obatan, jenis obat kimialah yang bisa menyebabkan sakit maag atau menimbulkan luka pada lambung. Sakit maag akan bisa dialami jika terlalu sering nya mengkonsumsi obat anti nyeri karena efek samping nya atau jika terlalu sering masuk ke dalam lambung bisa menyebabkan sakit maag terjadi. Selain itu juga, sakit maag bisa dialami jika memiliki faktor genetik jika memiliki pola hidup yang tidak sehat. Akibat jenis asupan makanan dan waktu makan yang tidak menentu maka akibat nya akan menyebabkan sakit maag terjadi, oleh karena itu sakit maag banyak dialami oleh orang yang memiliki badan yang besar akibat tidak dapat mengontrol makanan dengan baik.
Gejala Sakit Maag
Akibat terlalu sering nya mengkonsumsi jenis makan makanan yang kurang sehat maka bisa menyebabkan lambung memiliki luka, maka dari itu sakit maag akan dialami. Jika ingin mengetahui kondisi kesehatan lambung yang memiliki luka atau pun tidak di dalam nya. Atau selain memeriksakan lambung, untuk mengetahui kondisi kesehatan lambung yang memiliki penyakit maag atau pun tidak bisa di lihat dengan gejala maag yang akan dialami. Maka dari itu ada beberapa gejala maag yang bisa terjadi, dan berikut gejala maag yang bisa dialami :
§  Nyeri
Jika memiliki sakit maag, maka pada saat sakit maag bisa merasakan nyeri. Nyeri yang terjadi pada saat gejala maag pun berbeda beda setiap orang nya, karena setiap orang memiliki tingkat keparahan sakit maag yang berbeda beda. Nyeri di gejala maag bisa tidak akan terlalu terasa jika sakit maag yang dialami baru pada tahap awal. Namun, jika sakit maag yang dialami berlanjut maka bisa menyebabkan rasa nyeri sangat terasa, nyeri perut atau lambung juga bisa terasa panas, bahkan gejala maag yang menimbulkan nyeri dan panas bisa terasa pada ulu hati dan juga pada dada.
§  Mual dan muntah
Gejala maag yang paling sering ditemui yaitu mual dan muntah, karena jika nyeri saja walaupun sudah sangat terasa masih banyak orang yang belum mengetahui jika memiliki penyakit maag, namun jika mual dan muntah pasti orang yang tahu jika yang dialami gejala maag. Mual dan muntah bisa bercampur darah tetapi bukan darah yang merah yang akan dikeluarkan tetapi warna darah yang dikelurkan pada saat gejala maag akan berwarna gelap.
§  Perut kembung
Gejala maag juga bisa menyebabkan perut akan terasa kembung, kembung pada perut di sebabkan oleh sakit maag yang akan menyebabkan menurunkan fungsi lambung sehingga tidak dapat mengolah gas di dalam perut dengan baik pada gejala maag yang akan terjadi.
§  Diare
Tidak hanya mual dan muntah yang bisa mengeluarkan darah tetapi pada gejala maag yang akan menyebabkan diare juga akan menyebabkan buang air besar dengan warna fases yang hitam karena bercampur dengan darah juga.
Jika gejala maag sudah semakin parah, maka pada gejala maag bisa menimbulkan gangguan pada pernafasan juga.
Jika telah mengalami berbagai macam gejala maag yang juga menggangu kesehatan maka sebaik nya mengatasi maag. Mengatasi maag bisa dengan tidak lagi melakukan hal hal yang menjadi pemicu naik nya asam lambung atau pun menyebabkan maag kambuh. Dan juga mengatasi maag dengan memperbaiki pola makan yang baik, jika selama ini terlalu sering makan telat maka sebaik nya mulai di ubah. Atau jika selama ini memiliki kegemaran minum kopi atau minum minuman tidak sehat lain nya maka mulai di kurangi, akan lebih baik lagi sebenar nya jika benar benar di jauhi. Selain itu juga untuk mengatasi sakit maag bisa olahraga dan juga istirahat yang cukup.

Sakit Maag
Posted by Gejala Maag
Gejala maag akut – maag umumnya dapat bisa dirasakan oleh semua orang, bila dalam keadaan yang sedang sakit yang terletak pada bagian lambung. Dan lambung ini merupakan organ yang paling penting untuk tubuh, jika tidak ada lambung makanan yang kita makan tidak dapat dicerna dengan baik. Ada orang yang bermasalah terhadap lambung, yang pasti akan mengalami nyeri atau sakit. Penyebab sakit maag sangat banyak sekali, dan rata rata yang bikin penyebab karena ulah dari Anda sendiri. Bisa kalian perhatikan, lambung semua orang pasti berbeda beda, ada kuat dan ada yang tidak. Penyakit ini sama saja dengan penyakit lambung.

Dan jika memiliki lambung yang baik, juga tidak boleh seenaknya dalam mengkonsumsi jenis makanan yang sudah dijelaskan diatas. Didalam benak kalian, pasti bingung, dari mana kita bisa tahu kondisi lambung kuat atau tidak kuat. Cukup dua cara yang dapat kalian lakukan. Periksa dengan dokter atau juga bisa mengecek dengan memakan yang asam dan pedas, jika tidak terjadi sesuatu hal apapun, mempertandakan bahwa lambung kalian kuat. cara mengatasi penyakit ini dapat diatasi dengan cara yang sederhana, yaitu dengan cara mengunyah permen karet atau daun mint. Yang pada akhirnya, sering banyak mengunyah permen karet ketimbang daun mint.
Gejala maag akut 
Selain melakukan pengobatan terhadap penyakit maag ini, pasti awalnya akan mempunyai gejala maag akut yang akan terjadi.
§  Mual
rasa mual tentunya dapat diatasi dengan siapa saja, tanpa ada memandangan umur atau usia sekalipun. Rasa mual juga dapat terjadi karena masuk angin dan perut kembung, dan termasuk juga dari gejala maag akut yang akan terjadi. Jadi jika kalian mengalami rasa mual ini, bisa cepat cepat buru diatasi. Mual adalah suatu gejala yang sering banget dialami pada penderita penyakit apa saja. Jangan pernah menganggap semua gejala itu bisa diatasi oleh dengan singkat. Tanpa kalain sadari, jika menganggap sesuatu yang kecil, pasti akan semakin membesar. Bukan hanya mual saja yang dialami, tetapi ada ciri lain, yang dapat dirasakan oleh Anda.
§  Muntah
Mual dan muntah itu saling berdampingan dan saling berhubungan. Dan muntah bisa dimasukkan kedalam kategori gejala maag akut yang akan terjadi pada bagian organ dalam tubuh. muntah muntah ini bisa terjadi pada siapa saja, tanpa ada batasan usia atau umur sekalipun, pasti akan mengalami hal ini. saya pun dapat merasakan hal seperti ini, disaat lambung mulai terasa tidak enak. Jika kalian sedang mengalami hal seperti ini, diharapkan untuk tidak berjalan jalan, diusahakan untuk istirahat saja. Karena dengan berjalan, bisa semakin parah obat pada lambung. Sakit Lambung itu, adalah lambung yang didalamnya mempunyai luka, apabila disentuh akan terasa sakit  dengan makanan yang memiliki cita rasa asam dan pedas tinggi.
§  Sakit
Sakit pada bagian lambung merupakan gejala maag akut yang akan dialami oleh semua orang. Rasa sakit atau nyeri ini seperti tertusuk tusuk dan terbakar. Rasa sakit ini harus perlu ditindak lanjuti dengan cepat, karena akan semakin berbahaya dan semakin membuat tubuh Anda menjadi masalah. Kalian harus mengetahui tentang gejala atau ciri ciri apa saja yang akan terjadi pada diri Anda, jika tidak ingin mengalami sesuatu hal yang tidak diingkan dari diri Anda. penyakit ini, bukan main main, yang kalian anggap kamuh dengan sesaat. Jika kambuh sesaat itu memang terjadi, berarti kalian beruntung, tetapi jika tidak, itu akan mampu merenggut nyawa kalian juga.
§  Nyeri
Nyeri atau sakit pada bagian lambung itu sudah menjadi hal yang biasa dalam penyakit ini. dan ini termasuk dari gejala maag akut yang akan dialami oleh Anda. jadi kalian harus bisa menjaga kondisi fisik tubuh dengan baik dan benar, agar tidak mudah mengalami penyakit ini. ciri ciri ini, bisa menyerang kapan saja, tanpa ada ketentuan waktu yang telah ditetapkan. nyeri ini seperti ditusuk tusuk pada lambung, yang bisa membuat tubuh kalian menjadi lemas.
§  Terasa terbakar
Rasa terbakar atau panas adalah gejala maag akut yang mudah terjadi. Jadi jika kalian akan merasakan hal seperti ini, dapat kalian melakukan tindakan cepat. rasa terbakar ini, paling sering dialami oleh penderita lambung. Apalagi jika sudah kronis dan akut, pasti akan merasakan hak yang lebih dari pada ini.
§  Mengeluarkan air liur lebih cepat
Air liur ini dapat mengeluarkan lebih banyak jika mempunyai masalah pada bagian lambung dan ini merupakan gejala maag akut yang pasti akan terjadi pada semua orang. Air liur ini mempunyai kandungan enzim yang berguna sekali untuk kesehatan yang ada didalam mulut. Jadi atasilah dengan secepat mungkin, agar tidak mengalami hal seperti ini.
§  Nafsu makan hilang
Nafsu makan akan berkurang bahkan hilang itu suatu pertanda bahwa kalian sedang mengalami hal atau penyakit yang akan menyerang pada diri kalian. Salah satunya adalah gejala maag akut bisa menyebabkan nafsu makan yang hilang yang berujung dengan lambung yang tingkat keasamaannya menjadi naik atau tinggi

Gejala Maag Akut
Posted by Gejala Maag
Gejala maag kronis – gejala maag kronis adalah beberapa tanda tanda atau ciri ciri yang bisa menimbulkan penyakit maag yang bersifat kronis ini terjadi. Penyakit maag kronis adalah penyakit yang terjadi pada bagian lambung yang bisa menyebabkan rasa perih. Selain cara mengatasi maag secara cepat dan mudah, ada juga penyebab maag, dam penyebabnya adalah bisa disebabkan oleh adanya penyakit stress.
Kemudian ada juga cara mencegah dari penyakit maag ini, dan cara mencegahnya adalah dengan cara pola hidup sehat. Selain gejala maag kronis ini, ada juga cara mengobati maag yang bersifat kronis ini dengan menggunakan obat maag herbal, seperti buah biji adas. Atau juga bisa dengan menggunakan obat maag yang terdapat diapotik apotik terdekat.
Gejala maag kronis 
Selain dengan pernyataan yang ada diatas, ada beberapa gejala maag kronis ini. Dan berikut gejalanya adalah :
§  Bagian lambung mengalami pendarahan
Salah satu gejala maag kronis adalah bagian lambung akan mengalami pendarahan. Gejala inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit maag ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar penyakit maag ini tidak mudah terjadi pada diri Anda. Yang pada dasarnya penyakit maag ini bisa menimbulkan bahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
§  Mengalami sakit dan pusing kepala
Salah satu gejala maag kronis adalah akan mengalami sakit atau pusing kepala. Gejala inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit maag ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar penyakit maag ini tidak mudah terjadi pada diri Anda. Yang pada dasarnya penyakit maag ini bisa menimbulkan bahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
§  Mengalami nafsu makan menjadi hilang
Salah satu gejala maag kronis adalah akan mengalami nafsu makan menjadi hilang. Gejala inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit maag ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar penyakit maag ini tidak mudah terjadi pada diri Anda. Yang pada dasarnya penyakit maag ini bisa menimbulkan bahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
§  Bagian ulu hati akan mengalami nyeri
Salah satu gejala maag kronis adalah bagian ulu hati akan mengalami nyeri. Gejala inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit maag ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar penyakit maag ini tidak mudah terjadi pada diri Anda. Yang pada dasarnya penyakit maag ini bisa menimbulkan bahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
§  Sering mengalami rasa mual
Salah satu gejala maag kronis adalah sering mengalami rasa mual. Gejala inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit maag ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar penyakit maag ini tidak mudah terjadi apad diri Anda. Yang pada dasarnya penyakit maag ini bisa menimbulkan bahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
§  Sering mengalami muntah muntah
Salah satu gejala maag kronis adalah sering mengalami rasa ingin muntah muntah. Gejala inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit maag ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar penyakit maag ini tidak mudah menyerang pada diri Anda. Yang pada dasarnya penyakit maag ini bisa menimbulkan bahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
§  Akan mengalami sesak nafas
Salah satu gejala maag kronis adalah akan mengalami sesak nafas. Gejala inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit maag ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar penyakit maag ini tidak mudah terjadi pada diri Anda. Yang pada dasarnya penyakit maag ini bisa menimbulkan bahaya jika tidak segear diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
§  Akan mengalami sakit pada bagian dada
Salah satu gejala maag kronis adalah akan mengalami sakit pada bagian dada. Gejala inilah yang bisa memicu terjadinya penyakit maag ini datang dan muncul. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menjaga kondisi kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan baik dan benar, agar penyakit maag ini tidak mudah terjadi pada diri Anda. Yang pada dasarnya penyakit maag ini bisa menimbulkan bahaya jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat.
Posted by Gejala Maag
Gejala Penyakit Maag Kronis – Penyakit maag merupakan salah satu penyakit yang cukup sering terjadi oleh banyak orang. Sehingga bisa di katakan jika penyakit maag adalah penyakit umum, karena banyak orang yang sudah menderita maag, dan pada akhir nya banyak yang beranggapan jika tidak diobati dengan baik secara intensif akan baik baik saja. padahal maag yang tidak diobati dengan baik, maka akan menyebabkan penyakit maag semakin parah. Sehingga maag akan menjadi kronis. Penyakit maag kronis juga berarti bahwa lambung telah terluka semakin parah, sehingga gejala maag yang terjadi juga lebih parah, dari gejala maag yang sebelum nya.

penyakit maag
Gejala Penyakit Maag Kronis
Pada gejala penyakit maag kronis, maka akan terjadi seperti berikut :
Gejala penyakit maag kronis akan lebih berbahaya dari gejala maag yang awal, karena gejala penyakit maag kronis dapat menyebabkan sesak nafas. Sehingga penderita nya akan sulit bernafas dengan baik. gejala penyakit maag akut memang hampir sama dengan penyakit asma.
§  Sakit dada
Tidak hanya akan mengalami sesak nafas, tetapi pada bagian dada penderita penyakit maag kronis membuat sakit atau nyeri pada dada. Hingga penderita penyakit maag akan mengeluh kesakitan hingga kepanasan pada saat merasakan gejala maag.
§  Mual muntah
Mual dan juga muntah akan terjadi pada saat gejala penyakit maag kronis datang. Mual dan juga muntah akan di sertai keluar nya darah, karena lambung maag yang kronis akan membuat lambung mengalami pendarahan. Warna hitam pekat bukan merah pada muntah merupakan gejala maag kronsi yang akan terjadi.
§  Hilang nafsu makan
Ketika gejala penyakit maag kronis datang, seorang yang mengalami nya akan kehilangan nafsu untuk makan. karena tidak nyaman pada perut yang lambung nya sedang terluka. Hingga akan malas untuk makan.
Gejala penyakit maag kronis akan membuat perut juga  mersakan seperti penuh. Karena gejala maag memang akan membuat keadaan perut kembung.
§  Diare
Penyakit diare juga akan dialami pada saat gejala maag kronis datang, karena lambung mengalami pendarahan hingga mengeluarkan pendarahan nya bisa melalui baung air besar, hingga fases yang di keluarkan memiliki warna yang sama ketika mual yang hitam karena darah dari lambung.
Mengatasi Penyakit Maag Krnois
Sebaik nya untuk mengobati penyakit maag yang telah kronis, langsung di lakukan ketika telah merasakan gejala nya. karena akan mencegah pendarahan atau sakit yang semakin parah. Untuk mengatasi nya bisa dengan mengkonsumsi minuman yang terbuat dari bahan seperti di bawah ini :
§  Jehe
Jahe memang akan menghangatkan tubuh, sehingga juga cocok untuk di konsumsi pada saat maag kronis sedang kambuh. Dengan minum air jahe maka akan membantu untuk menghilangkan gejala yang di rasakan untuk hilang. dan tubuh akan kembali normal kembali.
§  Kunyit
Jika keadaan tubuh sedang tidak baik, di karenakan oleh maag yang kronis kambuh, maka segara mencari kunyit. karena dengan menggunakan kunyit maka akan membantu untuk mengatasi lambung yang sedang mengalami pendarahan. Sehingga gejala yang di timbulkan juga akan berhenti setelah mengkonsumsi kunyit.
§  Lidah buaya
Vitamin e dapat di temukan pada lidah buaya, karena vitamin e baik untuk di konsumsi pada saat maag sedang kambuh, karena dapat menyembuhkan luka dan juga rasa sakit. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi lidah buaya akan membantu ketika sedang mengalami maag akut.
Mencegah Penyakit Maag Akut
Untuk mencegah maag akut untuk datang kembali, maka baik nya tidak menambah atau memperparah luka pada lambung. Untuk itu bisa merawat kesehatan lambung dengan melakukan hal seperti berikut :
§  Menjaga pola makan
Menjaga pola makan yang baik akan mencegah penyakit maag untuk datang kembali, atau penyakit lambung yang lain nya.untuk itu bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki serat yang cukup dan juga makanan yang mudah untuk di cerna dengan baik. seperti hal nya sayur dan juga buah yang memiliki kandungan gas yang tidak berlebihan akan lebih baik. menjaga jam makan selalu tepat waktu juga merupakan bagian dari mengatur pola makan yang baik. sehingga lambung akan tetap mendapatkan nutrisi yang baik, dan juga tetap sehat.
§  Jauhi makanan pedas
Sebaik nya juga jauhi jenis makan makanan yang memiliki rasa pedas. Karena rasa pedas dapat membuat lambung panas, dan juga dapat melukai lambung kembali. oleh sebab itu makanlah makanan yang memiliki rasa tidak berlebihan, sehingga tidak membahayakan organ pencernaan.
§  Jauhi minuman soda
Minuman soda dingin memang akan menyegarkan ketika di minum, tetapi sebaik nya mengganti minuman menyegarkan yang lebih sehat seperti air kelapa atau jus buah lain nya. sehingga tidak lagi mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, yang akan membuat keadaan lambung akan semakin bertambah parah.
§  Hidari obat aspirin
Dengan menghindari obat aspirin atau obat yang akan menghilangkan rasa nyeri yang berbahan dasar kimia, akan membantu menjaga kesehatan lambung dan juga ginjal. Karena obat tersebut cukup berbahaya jika di konsumsi terus menerus, hingga lambung dapat terluka dan menyebabkan gagal ginjal. Cari solusi pereda nyeri yang alami akan lebih baik.
Posted by Gejala Maag
Gejala Maag Kambuh – Penyakit maag atau yang sering disebut dengan penyakit gastritis ini adalah suatu gangguan yang terjadi pada asam lambung dan biasanya akan menimbulkan rasa sakit disaat radang lambung menyerang atau lebih dikenal dengan maag atau tukak lambung. Gejala maag kambuh adalah sakit pada ulu hati dan disertai dengan rasa mulas yang berkepanjangan. Gejala maag kambuh yang ditandai dengan rasa sakit atau rasa perih yang mendadak dibagian perut dan juga kadang muncul dengan mendadak adalah salah satu gejala maag kambuh yang tidak bisa didiamkan begitu saja. Penyebab maag yang sering terjadi salah satunya adalah akibat dari pola makan yang kurang baik dan makanan yang dikonsumsi adalah makanan pemicu penyakit maag kambuh.

Gejala Maag Kambuh
Penyebab Maag Kambuh
Beberapa jenis makanan yang menyebabkan gejala maag kambuh adalah :
1.       Makanan pedas
Makanan pedas adalah makanan yang menyebabkan gejala maag kambuh. Hal ini adalah suatu titik awal yang bisa menyebabkan lambung menjadi luka akibat makanan yang pedas yang dikonsumsi dengan terus menerus yang pada akhirnya menyebabkan penyakit maag yang luar biasa. Cara yang dilakukan adalah dengan mengatur pola makan yang baik.
2.       Makanan gas
makanan yang mengandung gas adalah pemicu dari penyakit maag atau penyakit asam lambung. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan ini maka Anda akan mengalami kekambuhan dari penyakit maag. Misalnya adalah seperti kubis atau juga ubi dan nangka yang harus dikontrol konsumsinya atau bahkan jangan dikonsumsi.
3.       Minuman bergas atau berkarbonasi dan minuman yang mengandung alkohol
Minuman seperti ini adalah minuman yang mengakibatkan perih dilambung dalam jangka waktu panjang.
4.       Mie
Mie adalah makanan yan simple, namun makanan ini bisa menyebabkan gejala maag kambuh.
5.       Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi
Mengurangi asupan makanan yang mengandung lemak tinggi, misalna adalah seperti jeroan, margarine, dan juga makanan lainnya yang mengandung lemak tinggi akan mengakibatkan sakit maag, dan sebaiknya kurangilah asupan makanan seperti ini.
Gejala maag kambuh yang dirasakan biasanya adalah nyeri dibagian lambung. Penyebabnya adalah karena munculnya luka didaerah lambung yang pada akhirnya menimbulkan rasa nyeri, selain itu rasa sakit yang terjadi selama beberapa menit disaat sedang mengalami telat makan, dan biasanya serangan terjadi hanya beberapa menit bahkan selama beberapa jam dan datang dengan tiba-tiba. Jika perut Anda masih kosong, maka biasanya penyakit maag kambuh akan lebih mudah datang, atau juga diakibatkan karena salah makan.
Gejala maag kambuh yang lainnya adalah muntah darah. Gejala muntah darah ini adalah kategori untuk penyakit maag yang berat. Hal ini disebabkan karena ulkus lambung. Maka hal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat dan baik. gejala sakit maag yang lainya adalah rasa mual dan muntah, hal ini disebabkan karena lambung luka yang pada akhirnya menimbulkan gejala mual dan muntah. Namun disaat sudah muntah, maka biasanya rasa sakit yang muncul akan semakin lebih baik. dan gejala sakit maag lain yang dirasakan adalah buang air besar yang terasa agak sakit, dan sebaiknya jangan remehkan hal ini.
Kemudian gejala maag kambuh yang lain adalah merasa lapar, nafsu makan yang semakin bertambah. Makanlah sesuai dengan waktunya, karena disaat luka, lambung parah biasanya membutuhkan asupan makanan yang terus menerus agar bisa diolah didalam lambung. Kemudian gejala maag kambuh yang lainnya adalah perut kembung, luka yang terjadi dilambung biasanya akan mengakibatkan perut kembung, dan selain itu luka pada lambung yang juga membuat perut menjadi kurang nyaman akibat dari angin yang masuk. Gejala lain adalah bersendawa dan juga rasa perih di ulu hati.
Cara mengatasi dan mencegah penyakit maag adalah :
1.       Dispepsia organik : biasanya organ tubuh yang mengalami sakit harus mendapatkan penanganan dengan cepat. Bahkan, jika terjadi masalah pankreatitis untuk kelas berat maka harus dilakukan penanganan dengan cara operasi.
2.       Dispepsia fungsional : dengan cara memperbaiki pola hidup yang baik misalnya adalah dengan makan makanan yang teratur, mengurangi asupan kopi, kurangi makanan pedas, minuman yang mengandung alkohol, dan juga kurangi penggunaan dari obat-obatan yang bisa membantu meredakan nyeri serta meredakan radang, dan hindari penggunaan antibiotik yang tidak dibutuhkan. Mengatasi stress dengan cara melakukan yoga, dan juga meditasi serta melakukan hobi yang Anda sukai.
3.       Jika semua tindakan tersebut tidak bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit, maka biasanya dokter akan memberikan resep yang bervariasi semua tergantung dari cara kerja obat dalam menekan produksi dari asam lambung, membantu melindungi saluran pencernaan dan lainnya.
Menerapkan pola hidup yang sehat, melakukan olahraga dengan teratur, mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, namun harus dicek terlebih dahulu sayuran dan buah-buahan apa saja yang boleh dikonsumsi dan yang tidak boleh dikonsumsi. Karena ada beberapa jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.
Itulah informasi mengenai Gejala maag kambuh, semoga informasi gejala maag kambuh ini memberikan manfaat untuk Anda semuanya. Terimakasih.
Gejala Maag Kambuh
Posted by Gejala Maag
Gejala Penyakit Maag – Penyakit maag pada umumnya dalam dunia medis sering juga disebut dengan gastritis atau juga dapat dikenal dalam sebutan tukak lambung. Dimana seseorang dalam keadaan sakit maag yang terjadi nya suatu peradangan di lambung karena infeksi yang dapat diakibatkan oleh suatu bakteri helicobacter pylori dan juga dapat diakibatkan oleh adanya kadar asam pada lambung yang meningkat. Akan tetapi ada juga akibat stres, pola makan yang tidak sehat dan pola makan yang tidak teratur juga dapat memicu adanya Gejala Penyakit Maag akibat dari Gejala Maag ini dalam fungsi lambung tidak akan dapat normal seperti sebelumnya.
Dan sebenarnya ada suatu kondisi serupa lainnya yang dapat disebut tukak duodenum (bagian yang pertama dari usus halus) akan tetapi radang dan kemudian luka ini akan terjadi pada usus halus. Sangat lah berbeda dengan radang pada lambung yang mana rasa perih akan muncul pada saat makan, rasa perih akibat radang pada lambung yang mana rasa perih akan muncul setelah kita makan, rasa perih akibat adanya radang atau luka pada usus halus muncul sekitar 2-3 jam setelah makan. Sakit maag dan tukak duodenum dapat dikategorikan sebagai tukak peptikum. Dan kita harus tau sebelumnya adanya Gejala Penyakit Maag tersebut.

Gejala Penyakit Maag
Pada tahapan gejala penyakit maag terdiri dari beberapa tahap diantara nya adalah :
§  Maag ringan
Biasanya pada tahap ini akan ditandai Gejala Maag dengan adanya peningkatan asam pada lambung.
§  Maag yang sedang
Biasanya pada tahap ini seorang penderita akan mengalami adanya Gejala Maag dengan adanya intensitas sering, hingga dapat menyebabkan Gejala Penyakit Maag seperti nyeri kembung pada perut, mual dan disertai muntah.
§  Maag kronis
Pada tahap ini akan menunjukkan adanya tingkat dimana pada lambung telah adanya luka yang selanjutnya dapat berakibat infeksi.
§  Maag akut
Akan terjadi Gejala Penyakit Maag akan timbul infeksi di lammbung pada maag yang kronis, dan pada tahap ini akan timbul penyebaran dan sampai menimbulkan borok dimanna pada borok tersebbut akan terdapat adanya bakteri yang dpaat merugikan yakni helicobacter pylori.
Ada pula Gejala Penyakit Maag yang lain diantara nya :
§  Gejala Maag yang pertama akan merasakan sakit, mual, dan akan timbul perasaan yang tidak nyaman di dalam perut
§  Gejala Maag lainnya akan bersendawa, perut kembung, mual, muntah, merasa penuh, atau akan merasakan perut terbakar pada bagian atas.
§  Gejala Maag yang terakhir adalah maag dapat muncul secara tiba-tiba dalam waktu yang sangat singkat (akut) waktu yang lama (kronis) atau karena suatu kondisi yang sangat khusus seperti pada adanya penyakit lain. Salah satu contoh maag akut adalah timbul Gejala Maag yang tidak nyaman ketika mengkonsumsi alkohol, kopi, atau makanan serta minuman lain yang dapat memicu adanya produksi asam lambung.
Cara Mencegah Penyakit Maag diantara nya adalah :
1.       Dengan mengatur porsi makanan dan waktu makan dengan baik
2.       Sebaiknya mengunyah makanan sebanyak 32 kali agar makanan akan lebih lembut ketika akan masuk kedalam lambung.
3.       Sebaiknya menghindari adanya makanan penyebab penyakit maag. Seperti cuka, kopi, makanan pedas atau beberapa makanan yang dapat membuat lambung dapat memproduksi asam lambung secara berlebihan.
4.       Sebaiknya mengkonsumsi susu kedelai, karena kandungan serat yang terdapat pada susu kedelai sangat tinggi dan baik dari kedelai akan terbukti dapat mengatasi adanya berbagai adanya masalah pencernaan seperti maag, radang saluran cerna, kembung
5.       Menghindari stres, karena stres dapat menyebabkan kambuhnya suatu penyakit maag, makka dari itu usahakan untuk selalu berfikir positif dan menjauhkan stres.
6.       Menghindari merokok, karena dengan merokok dapat membuat asam lambung dapat meningkat akibat rokok dan juga akan dapat menjadi penghambat kesembuhan luka yang ada di dalam lambung anda.

Posted by Gejala Maag
Penyakit maag asam lambung adalah penyakit yang terjadi karena adanya luka dan radang pada organ lambung. Penyebab dari penyakit maag ini biasanya terjadi dikarenakan pola makan yang tidak teratur, telat makan, dan juga efek dari mengonsumsi obat-obatan tertentu. Penyakit maag yang akut biasanya bisa menjadi hal yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Gejala maag asam lambung biasanya ditandai dengan  adanya rasa sakit, rasa mulas, rasa mual, dan muntah, serta juga perut yang kembung dan juga perih pada bagian perut.Pengobatan pada gejala maag asam lambung adalah penyembuhan gejala maag bisa dilakukan dengan mengubah pola makan yang tidak teratur menjadi teratur terlebih dahulu.
Untuk mengatasi masalah gejala maag asam lambung biasanya bisa dibantu dengan mengonsumsi jus kubis yang bisa disembuhkan. Pada suatu penelitan klinis dibuktikan bahwa seseorang yang rajin mengonsumsi satu gelas jus kubis setiap harinya selama kurang lebih 10 hari, maka penyakit maag yang diderita bisa sembuh. Hal ini dikarenakan kubis memiliki dan mengandung asam amino glutamine yang memberikann nutrisi yang baik pada lambung dan usus halus Anda, sehingga gejala maag asam lambung bisa dengan cepat hilang dan lenyap. Suasana dan kondisi dari lambung yang basa sesudah makan kubis juga bisa berperan dalam penyembuhan penyakit maag.
Pencegahan yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala maag asam lambung adalah dengan makan teratur, dan menyadari bahwa makan bukanlah didasari karena lapar, namun juga karena memang sudah waktunya. Menghindari makanan yang sifatnya merangsang, menyadari bahwa makanan ini akan menghasilkan suatu energy dan daya tahan tubuh, menghindari minum es, dan menghindari makanan instan, olahraga secara teratur, agar adanya suatu rangsangan dari lapar  dan haus.
Sedangkan cara mengatasi masalah maag asam lambung adalah dengan makan bubur yang terbuat halus dari singkong parut dengan teratur sebanyak 3 x 1 hari, dan makanlah pisang ambon.

Posted by Gejala Maag
Sakit maag (maag dalam bahasa Belanda berarti lambung) merupakan gangguan pada lambung. Gejala maag ringan adalah rasa tidak enak. Biasanya bersumber di ulu hati disertai perut kembung, perih dan bahkan sampai mual.
Gangguan pada lambung disebabkan oleh tidak terkontrolnya asam lambung. Tidak jarang asam lambung naik sampai ke mulut sehingga mulut terasa asam. Sakit maag atau sering disebut radang lambung dapat menyerang setiap orang dengan segala usia. Pada keadaan yang cukup parah, radang lambung dapat menimbulkan pendarahan, sehingga banyak darah yang keluar dan berkumpul di lambung. Penderita bisa muntah yang mengandung darah. Namun hal ini tidak terjadi pada gejala maag ringan. Tetapi harus tetap berhati-hati.
Ada sejumlah gejala maag ringan yang biasa dirasakan penderita sakit maag. Yaitu mual, perut terasa nyeri, dan perih (kembung dan sesak) pada bagian atas perut (ulu hati). Biasanya, nafsu makan menurun dratsis, wajah pucat, suhu badan naik, keluar keringat dingin, dan sering bersendawa terutama dalam keadaan lapar.
Pola makan yang tidak teratur dapat menimbulkan gejala sakit maag seperti perih dan mual. Hal itu terjadi karena lambung memproduksi asam (disebut asam lambung) untuk mencerna makanan dalam jadwal yang teratur. Bahkan,saat tidur pun lambung tetap memproduksi asam walaupun tidak ada makanan yang harus dihancurkan.
Selain pola makan tidak teratur, penyakit maag juga bisa disebabkan oleh stres. Penyakit maag dapat diatasi dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang dapat mengganggu lambung (makanan yang terlalu asam dan pedas) serta menghindari makanan yang bisa membentuk gas sehingga mengakibatkan perut kembung (misalnya ubi dan nangka). Usahakan makan secara teratur dan tepat waktu apapun kesibukan yang sedang Anda lakukan. Snack atau makanan ringan juga sangat baik dikonsumsi di sela-sela makan siang dan malam. Jangan lupa sarapan pagia agar tubuh selalu berenergi.
Posted by Gejala Maag
Maag merupakan salah satu penyakit pada lambung. Gejala utamanya adalah nyeri pada ulu hati. Lambung mempunyai lapisan pelindung di dinding dalamnya. Lapisan tersebut berguna agar cairan asam pada lambung tidak merusak dinding lambung. kerusakan yang terjadi pada lapisan pelindung dapat menyebabkan cairan lambung yang sangat asam tersebut bersentuhan langsung dengan dinding lambung sehingga dapat menyebabkan peradangan (inflasi).
Berikut obat tradisional untuk mengobati maag, antara lain adalah :
1. Ambil 9 daun pucuk bluntas. Cuci hingga bersih kemudian remas-remas dan campur dengan air matang setengah gelas. Peras lalu ambil perasan airnya dan diberi garam kira-kira seujung sendok teh. Air bluntas lalu dibiarkan semalaman. Keesokan harinya disaat perut kita dalam keadaan kosong, minumlah air daun bluntas, tetapi diaduk terlebih dahulu.
2. Ambil pucuk pepaya ranti atau pepaya biasa 5 tangkai atau secukupnya. Cuci hingga bersih, lalu rebus dengan air kira-kira 5 gelas hingga mendidih dan biarkan hingga tinggal 2 gelas. Setelah dingin lalu berikan gula . Minumlah pada pagi hari sebelum makan dan menjelang tidur.
3. Ambil daun bawang putih tunggal atau daun putih lanang. Setelah dibersihkan kunyah bawang putih dan telan. Lakukan selama tiga hari berturut-turut, sehari dua kali.
4. Ambil 2 buah kentang yang sudah dikupas, cuci dan diparut. Lalu, campur dengan kelapa parut direbus dengan air, beri gula jawa secukupnya dan sedikit garam.
5. Ambillah ampela ayam yang masih mentah, dicuci dan diiris kecil-kecil lalu dijemur hingga kering. Tumbuklah sampai halus, letakkan dalam gelas dan seduh dengan air hangat. Minum ramuan ini paling sedikit 3 kali sehari. Bila baunya terasa amis bisa anda menambahkan coklat atau kopi.
6. Ambil 5 helai daun delima, cuci kemudian diris halus. Seduh irisan daun delima tersebut dengan air mendidih kira-kira setengah gelas. Diamkan hingga 5 menit, minum air seduhan tersebut hangat-hangat selama 5 hari berturut-turut.
Posted by Gejala Maag
Gangguan pada lambung atau yang lebih dikenal sebagai sakit maag seringkali muncul dari kebiasaan pada pola makan yang tidak baik. Karena kesibukan yang dialami terkadang membuat kita telat untuk makan dan pekerjaan yang menumpuk akhirnya menimbulkan stress. Sakit maag bisa menyerang kepada kita tanpa disadari sebelumnya dan bisa kita terserang penyakit maag saat sedang menjalani aktivitas pekerjaan sehingga tidak bisa melakukan aktivitas seperti yang lainnya.
Penyakit maag kadang terkesan peyakit yang tidak terlalu berat namun bukan berarti kita boleh meremehkan sakit maag. Penyakit maag yang disebabkan oleh sakit pada lambung bisa menimbulkan gangguan pada pencernaan sehingga bila kita tidak ditangani segera maka bisa saja akhirnya menganggu tubuh secara keseluruhan bila sakit yang di derita pada lambung sudah tergolong kronis.
Pada umumnya sakit maag atau radang lambung terjadi karena disebabkan luka atau iritasi di lapisan mukosa lambung. Sehingga dinding lambung menjadi merah bahkan mengalami bengkak, berdarah dan luka berparut. Luka juga bisa menyebar ke usus dua belas jari. Yang menjadi salah satu penyebabnya adalah terjadinya produksi asam lambung yang meningkat yang mengakibatkan nyeri dan mual bagi penderitanya. Sakit maag juga bisa di derita oleh semua kalangan umur dan dapat kambuh lagi bila penderita melakukan pola hidup atau makan yang tidak teratur sehingga kembali menyebabkan terjadinya luka pada lambung.

Berikut Gejala Sakit Maag, Antara Lain :
1. Muncul rasa mual pada perut dan selalu ingin muntah
2. Merasakan nyeri dan pedih terutama pada perut bagian atas atau ulu hati, juga disertai perut kembung dan sesak nafas.
3. Kurangnya selera makan karena disebabkan rasa mual yang begitu kuat, wajah menjadi pucat dan sering bersendawa karena perut menjadi kembung.
4. Kepala terasa pusing sehingga sulit untuk istirahat atau tidur serta suhu badan meningkat dan keluar keringat dingin.
Selain itu beberapa penderita dengan radang lambung yang sudah terlalu kronis juga mengalami pendarahan pada lambung sehingga ketika penderita muntah akan mengeluarkan darah berwarna kehitaman seperti kopi. Radang lambung yang sudah terlanjur kronis dapat menyebabkan kematian pada saluran pencernaan.
Berikut Juga Faktor Penyebab Sakit Maag, Antara Lain :
1. Pola makan yang tidak teratur dan pola hidup yang tidak sehat
2. Beban pikiran yang terlalu berlebih sehingga menimbulkan stress dan tekanan emosional
3. Meningkatnya produksi asam lambung dan pepsin pada lambung
4. Lapisan mukosa lambung mengalami luka yang diakibatkan kelebihan asam lambung dan pepsin sehingga fungsi mukosa jadi menurun dan berakibat pada timbulnya luka, iritasi, peradangan pada lambung
5. Sering menunda-nunda makan dan ketika makan dilakukan secara berlebihan dengan porsi yang banyak
6. Mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, asam, minuman beralkohol tinggi, obat-obatan tertentu dan mengkonsumsinya secara berlebihan atau tidak sesuai dosis.
Beberapa orang juga mengatakan penyakit maag juga disebabkan oleh terdapatnya penyakit lain seperti : infeksi bagian dalam tubuh karena bakteri, anemia, penyakit pada ginjal, diabetes dan efek samping dari penggunaan obat untuk penyakit lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar