Jumat, 03 Oktober 2014

MAKALAH HARI KIAMAT DALAM ISLAM

KATA PENGANTAR

Puji syukur dengan mengucap Alhamdulillah, atas limpahan karunia dan rahmatNya sehingga penulis dimampukan untuk menyelesaikan makalah dengan judul “Hari Kiamat dalam Pandangan Islam”.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan serta kekeliruan sehingga di harapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan penulisan ini.
Semoga makalah ini dapat membawa manfaat bagi penulis serta pembaca sekalian.


Manokwari,   September 2014

Penulis























DAFTAR ISI

Halaman Judul .................................................................................................................... i
Halaman Kata Pengantar ................................................................................................. ii
Halaman Daftar Isi ............................................................................................................ iii

BAB  I          PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang ........................................................................................ 1
B.   Rumusan Masalah ................................................................................. 2
C.   Tujuan Penulisan ................................................................................... 2
D.   Manfaat Penulisan ................................................................................. 2

BAB  II         PEMBAHASAN
A.   Pengertian Hari Kiamat ......................................................................... 3
B.   Hari Kiamat Menurut Para Ahli............................................................. 3
C.   Kebenaran Hati Kiamat Dalam Agama Islam .................................... 4
D.   Tanda-Tanda Hari Kiamat ..................................................................... 5
E.   Proses dan Peristiwa Hati Kiamat ....................................................... 7
F.    Surga dan Neraka .................................................................................. 7

BAB  III        PENUTUP
A.   Kesimpulan............................................................................................ 11
B.   Saran ...................................................................................................... 11

DAFTAR PUSTAKAN ........................................................................................................














BAB  I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Kalau kita perhatikan berbagai kejadian di alam ini, seharusnya manusia sadar dan percaya bahwa kehidupan di dunia ini pasti ada akhirnya yang disebut hari akhir atau hari kiamat. Hari itu merupakan hari penghabisan atau hari terakhir menjelang hancurnya secara total alam semesta ini. Kehancuran alam semesta akan terjadi setelah adanya benturan yang maha dahsyat antara gunung-gunung dibumi ini.
Hari akhir tersebut pasti akan datang, tapi kapan terjadinya, tidak ada seorangpun yang mengetahuinya. Pada dasarnya semua agama meyakini bahwa hari kiamat pasti akan datang namun dalam pandangan agama yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda dalam memaknai tentang hari kiamat.
Dalam pandangan agama islam itu sendiri, dinyatakan bahbwa hari akhir adalah hari penghabisan atau hari terakhir kehidupan umat manusia di jagad raya ini tanpa terkecuali, baik makhluk hidup maupun benda mati, gunung-gunung akan meletus, langit akan runtuh, bumi akan memuntahkan segala isinya dan pohon-pohon bertumbangan, sehingga pada saatnya nanti alam yang kita tempati ini tidak akan ada lagi.
Sesuai Fiman Allah SWT dalam surat Al-Haqqah : 13-15 yang artinya : “Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur. Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat..,”  dan dalam Surat surat al-Qariah : 1-5 yang artinya  “Hari kiamat, Apakah hari kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari kiamat itu? Pada hari itu manusia adalah seperti anai- anai yang bertebaran, Dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan”.
Peristiwa hari kiamat juga dalam pandangan agama islam merupakan awal kehidupan yang baru di alam berikutnya. Semua manusia akan dibangkitkan kembali untuk dimintai pertanggung jawaban atas segala hal yang telah dilakukan semasa hidupnya di dunia.
Berkaitan dengan hal itu, agama islam memposisikan keyakinan hari kiamat sebagai salah satu rukun iman, yang memberikan ketegasan bahwa pemeluk agam islam harus meyakini atau mengimani datangnya hari kiamat dengan keyakinan yang sungguh-sungguh dan sepenuh hati akan adanya hari kiamat. Untuk lebih jelas tantang hari kiamat dalam pandangan agama islam, di uraikan pada bab berikutnya.

B.   Rumusan Masalah
Dari uraian singkat pada latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalah makalah ini adalah bagaimana gambaran tentang pemahaman hari kiamat dalam pandangan agama islam.

C.   Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang pemahaman hari kiamat dalam pandangan agama islam.

D.   Manfaat Penulisan
1.    Sebagai kajian untuk menambah wawasan bagi penulis
2.    Sebagai bahan informasi bagi pembaca
3.    Sebagai salah satu tugas dari mata pelajaran Agama Islam.




BAB II

PEMBAHASAN


Untuk Mendapatkan File Lengkapnya
  Silahkan Dowload di :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar