Minggu, 02 November 2014

MAKALAH : HUBUNGAN ETIKA DENGAN BISNIS

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani adalah “Ethos”, yang berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa Latin, yaitu “Mos” dan dalam bentuk jamaknya “Mores”, yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal tindakan yang buruk.
Etika dan moral lebih kurang sama pengertiannya, tetapi dalam kegiatan sehari-hari terdapat perbedaan, yaitu moral atau moralitas untuk penilaian perbuatan yang dilakukan, sedangkan etika adalah untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku. Etika adalah Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia.
Berkaitan dengan etika bisnis, akhir-akhir ini banyak dibicarakan perlunya pengaturan tentang perilaku bisnis terutama menjelang mekanisme pasar bebas. Dalam mekanisme pasar bebas diberi kebebasan luas kepada pelaku bisnis untuk melakukan kegiatan dan mengembangkan diri dalam pembangunan ekonomi. Disini pula pelaku bisnis dibiarkan bersaing untuk berkembang mengikuti mekanisme pasar. Dalam persaingan antar perusahaan terutama perusahaan besar dalam memperoleh keuntungan sering kali terjadi pelanggaran etika berbisnis, bahkan melanggar peraturan yang berlaku.
Bertitik tolak dari uraian di atas, maka penulis mengambil judul dalam penulisan makalah ini yaitu “Hubungan Etika dengan Bisnis”. 

B.     Rumusan Masalah
Rumusah masalah dalam penulisan makalah ini adalah bagaimanakah hubungan Etika dengan Bisnis ?
C.    Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah utuk mengetahui hubungan Etika dengan Bisnis.

D.    Manfaat Penulisan


download file lengkap DOC di ziddu

untuk mendapatkan file lengkap
silahkan klik link berikut :


file telah di proteksi, untuk membuka filenya
silahkan konfirmasi SMS ke no. 081344608323
dengan transfer pulsa Rp. 5.000,-
untuk sms balik kode proteksinya

.............salam sukses..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar